TEKNO

Wabup Ini Pamer Aplikasi TI Di Depan Komite III DPD RI

Banyuwangi, Liputan.co.id – Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko menyatakan pihaknya menyadari betul bahwa desa harus menjadi garda terdepan pelayanan publik. Karena itu pula kata Yusuf, Banyuwangi telah memiliki Smart Kampung

“Banyuwangi telah memiliki Smart Kampung, program pengembangan desa dari berbagai sektor dengan menggunakan teknologi informasi (TI). Ini bagian dari upaya pemerintah, untuk bisa mengarahkan Dana Desa sesuai dengan semangat yang melatarbelakangi Undang-Undang Desa,” kata Yusuf, dihadapan empat anggota DPD RI, di sela-sela mengunjungi Smart Kampung Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (4/12/2017).

Selain itu lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga menyiapkan instrumen sistemnya berupa e-village budgeting dan e-monitoring system agar pelaksanaan inovasi di desa bisa akuntabel, sehingga para aparatur desa juga nyaman bekerja karena pertanggungjawabannya sesuai di sistem tersebut.

Dia jelaskan, Smart Kampung Banyuwangi mensyaratkan tujuh kriteria, yaitu pelayanan publik, pemberdayaan ekonomi, pelayanan kesehatan, pengembangan pendidikan dan seni budaya, peningkatan SDM, pengentasan kemiskinan, dan melek informasi hukum.

“Semua kriteria itu dibantu oleh pemanfaatan teknologi infomrmasi , di mana saat ini sudah ada 133 desa yang teraliri fiber optic,” ungkapnya.

Selain mengunjungi Smart Kampung Banyuwangi, para Senator juga menggelar rapat kerja dengan sejumlah kepala desa guna mendapatkan masukan terkait pelaksanaan UU Desa di daerah.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2017 Kilascirebon.com

To Top