INTERNASIONAL

Pengakuan Mengejutkan Mantan Eksekutif Facebook Soal Medsos

Mantan eksekutif Facebook, Chamath Palihapitiya, memberikan komentar mengejutkan mengenai media sosial (medsos).

Chamath Palihapitiya adalah wakil presiden untuk pertumbuhan pengguna Facebook sebelum dia mundur dari jabatannya pada 2011.

Dia mengatakan bahwa dia memiliki rasa bersalah luar biasa besar karena karyanya menjadi alat yang merobek struktur sosial masyarakat.

”Platform yang kami ciptakan sudah menghancurkan masyarakat. Tidak ada lagi wacana sipil, tidak ada kerjasama, banyak kesalahan informasi serta ketidakpercayaan,” katanya.

Palihapitiya mengatakan hal itu saat menjadi pembicara di Stanford Business School pada November lalu. Namun, secara publik baru muncul di situs teknologi Verge pada Selasa (12/12/217).

“Ini adalah masalah global. Ini mengikis fondasi utama orang berperilaku antara satu sama lain,” sambungnya seperti dilansir The Guardian.

Dia juga meminta masyarakat untuk mencari jiwa mengenai hubungan mereka dengan media sosial. ”Perilaku Anda, Anda tidak menyadarinya, tapi Anda diprogram,” katanya. “Itu tidak disengaja, tapi sekarang Anda harus memutuskan berapa banyak Anda akan menyerah, berapa banyak kebebasan intelektual akan Anda serahkan,” sambungnya.

Komentar Palihapitiya itu keluar satu hari setelah founding presiden Facebook, Sean Parker, mengkritik cara perusahaan mengeksploitasi kerentanan sisi psikologi manusia. “Sejak awal kami tahu bahwa kami menciptakan sesuatu yang adiktif untuk mengeksploitasi kerentanan sisi psikologi manusia,” kata Parker. (fjr)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2017 Kilascirebon.com

To Top