KESEHATAN

Keberlangsungan JKN Sangat Ditentukan oleh 3 Hal ini

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengingatkan tiga hal yang harus diwaspadai oleh DPR untuk menjaga keberlangsungan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Tiga hal yang dimaksud menurut dia, adalah masalah pendataan, pembiayaan, dan pelayanan.

“Dari awal kami selalu mewaspadai tiga hal itu dalam rangka menjaga keberlangsungan JKN, karena bagaimanapun harus kita akui JKN ini penting dan bagus untuk masyarakat kita. Yang pertama adalah sistem pendataan,” kata Saleh, di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Karena itu dia berharap, pendataan JKN dilaksanakan dengan valid dan faktual. Jangan sampai ada masyarakat yang sebetulnya tidak layak mendapat bantuan, malah mendapatkan bantuan. Atau sebaliknya yang mestinya dapat ternyata tidak dapat.

“Dan menurut pantauan kami, di lapangan itu masih banyak terjadi. Menurut pengakuan dari BPJS Kesehatan hampir 22 juta orang yang bermasalah seperti itu. Bayangkan kalau 22 juta orang ini kan ada kaitannya dengan penganggaran dan pembiayaan,” ungkap Saleh.

Kedua lanjutnya, kewaspadaan terhadap pembiayaan. Karena sistem pendataannya yang kurang baik, lalu berimbas pada pembiayaanya. Akhirnya negara harus mengalokasikan anggaran untuk membiayai 22 juta orang yang tidak tepat sasaran.

“Kalau itu sakit semua, lalu operasi semua dan memiliki penyakit kronis, itu kan biayanya besar. Itu yang menyebabkan setiap tahun selalu defisit,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatera Utara itu.

Ketiga adalah soal pelayanan. Menurutnya, jika pelayanan kesehatan bagi peserta JKN benar, maka bisa membuat masyarakat datang sendiri untuk mendaftarkan secara mandiri untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan dan JKN.

“Sebaliknya, jika mereka tidak dilayani dengan benar bisa jadi masyarakatnya malas mendaftar jadi peserta. Karena orang melihat pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan ini dinomorduakan oleh rumah sakit. Jadi seolah-olah kalau datang ke rumah sakit dengan membawa kartu BPJS, itu minder langsung,” katanya.

Karena itu, imbuh politikus Partai PAN ini, sistem pelayanan menjadi penting, pemerintah harus menyiapkan rumah sakit dengan fasilitas kesehatan yang mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sehingga masyarakat datang ke rumah sakit langsung mendapat pelayanan tidak menunggu lama.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2017 Kilascirebon.com

To Top