KESEHATAN

Kaki Keram Saat Tidur? Ini Cara Cepat Atasinya

Kaki keram adalah hal yang umum terjadi bahkan di saat Anda sedang asik-asiknya tidur. Kendati demikian, tidak ada yang benar-benar tahu apa yang menjadi penyebab utama kondisi ini.

“Kenyataanya tidak ada yang benar-benar tahu mengapa kondisi ini terjadi,” kata Scott Garrison, M.D., Ph.D., dokter keluarga dari University of Alberta yang terkenal akan beberapa studinya tentang masalah terkait.

Namun jika bicara mengatasinya ada beberapa studi yang terbukti dapat membantu mengatasi masalah yang mengganggu ini.

Sebuah studi kecil di tahun 2012 menemukan bahwa mereka yang melakukan hamstring dan perenggangan di area betis sebelum tidur mampu menurunkan resiko serangan keram hingga 59 persen.

Ia juga menyarankan Anda untuk minum lebih banyak air di siang harinya, terlebih ketika Anda berolahraga. Studi kecil lainnya menemukan bahwa mengkonsumsi vitamin B juga memberikan efek yang sama.

Adapun ketika serangan keram menghampiri Anda maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan “merenggangkan otot yang terdampak dapat membantu menghentikan keram yang tengah berlangsung”.

Jika keram terjadi pada kaki bagian bawah, Dr. Garrison menyarankan untuk melakukan perenggangan betis sambil berdiri, sementara jika keram terjadi di bagian atas, maka perenggangan hamstring adalah yang perlu Anda praktekan segera.(ruf)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2017 Kilascirebon.com

To Top