OLAHRAGA

Gagal Lolos Piala Dunia, Belanda Ulang Rekor Buruk 31 Tahun Silam

AMSTERDAM – Belanda dipastikan gagal ke putaran final Piala Dunia 2018. Kemenangan 2-0 atas Swedia pada laga pamungkas Grup A, Rabu (11/10/2017) , belum cukup untuk meloloskan Tim Oranye.

Kegagalan ini membuat Belanda absen tampil di dua turnamen besar secara beruntun. Sebelumnya, Arjen Robben dkk juga tidak berpartisipasi pada Piala Eropa 2016 lalu.

Dikutip dari Opta, absennya Belanda di dua turnamen besar secara beruntun merupakan capaian terburuk negara yang pernah menjajah Indonesia itu, sejak 31 silam.

Timnas Belanda terakhir kali gagal tampil di dua ternamen besar terjadi pada Piala Eropa 1984 dan Piala Dunia 1986.

Seperti diketahui, Belanda gagal melenggang ke putaran final Piala Dunia 2018 karena hanya menang 2-0 atas Swedia.

Sebelum laga dini hari tadi, Belanda berada di peringkat 3 Grup A dengan 16 poin, tertinggal tiga angka dari Swedia di posisi 2 (slot untuk lolos ke babak play off).

Sialnya, selisih gol Belanda dan Swedia terpaut jauh, 19 berbanding 7. Sementara dalam aturan penentuan peringkat, jika poin sama maka yang jadi acuan adalah selisih gol.

Satu-satunya cara Belanda bisa menggusur Swedia di peringkat kedua adalah menang minimal 7-0.

Saat Arhen Robben mencetak gol pembuka kemenangan Belanda dari titik putih pada menit 16, asa fans tuan rumah seolah terbuka. Gol kedua cantik nan spektakuler Robben pada menit 40 semakin menambah semangat kubu Belanda.

Sayangnya di babak kedua, anak asuh Dick Advocaat tidak mampu lagi mencetak gol tambahan. Padahal mereka masih butuh tambahan lima gol lagi.

Wasit meniup pluit akhir tanda pertandingan beres dengan skor akhir 2-0 untuk Belanda. Menang tapi Belanda tetap tersingkir.

Swedia yang berhak jadi runner up di bawah Prancis sebagai juara grup. Swedia akan diadu dengan runner up terbaik dari grup lain, November mendatang untuk memperebutkan satu tiket ke Rusia. (fjr)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2017 Kilascirebon.com

To Top