KESEHATAN

3 Aturan Minum Kopi yang Kerap Dilanggar

Anda mungkin sudah sering menemukan artikel yang mebahas tentang manfaat konsumsi kopi terhadap tubuh.

Sebut saja manfaatnya untuk membuat Anda tetap terjaga, menurunkan resiko terkena kanker usus, kanker hepatocellular carcinoma hingga manfaatnya untuk membakar lemak.

Namun ada beberapa aturan yang perlu diketahui tentang konsumi kopi, ketiga aturan yang kerap tidak disadari oleh banyak pecintanya. Padahal, dampaknya terhadap kesehatan tidaklah main-main.

Berikut 3 aturan meminum kopi yang perlu Anda simak:

1. Jangan minum kopi 6 jam sebelum jam tidur

Kopi diketahui dapat menyebabkan rasa gelisah dan masalah tidur akibat dikeluarkannya hormon corsitol akibat konsumsi kopi. Hal ini kerap terjadi para mereka yang menderita serangan panik dan kecemasan sosial. Untuk mengurangi efek ini, penderita gangguan kesehatan diatas harus mengurangi asupan kopi sekitar 1 atau 2 cangkir kopi per harinya dan meminum kopi terakhir 6 jam sebelum waktu tidur.

2. Tidak semua orang aman mengkonsumsi kopi

Kendati dapat membuat anda terjaga, membakar lemak tubuh, mendorong daya ingat dan menurunkan resiko terkena kanker usus, namun pada mereka yang memiliki masalah dengan darah tinggi, diabetes dan gastroesophageal reflux disease, manfaat kopi sepertinya menjadi perdebatan.

3. Jangan minum kopi dalam keadaan terlalu panas

Menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), mengkonsumsi minuman yang panas, atau diatas dari 65 derajat Celsius, bisa menjadi salah satu penyebab kanker, dalam hal ini kanker esofagus, saluran yang menguhubungkan saluran tenggorokan dengan lambung. Kebanyakan orang mengkonsumsi minuman seperti kopi dan teh pada suhu sekitar 70 derajat. (ruf)

Loading...

Most Popular

Copyright © 2017 Kilascirebon.com

To Top